Selasa, 24 Maret 2015

TIPS

Tips Memperbaiki Kemampuan Berbahasa Inggris.
          Hi, Readers! Ngomong-ngomong soal bahasa Inggris nih, yang pada masa sekarang menjadi bahasa Internasional. Hm, berarti intinya bahasa Inggris juga termasuk ke dalam ilmu yang harus kita kuasai. Namun, ada kalanya kita merasa masih memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang kurang meskipun telah diajarkan di sekolah maupun di tempat pendidikan non formal lainnya. Kenapa hal seperti itu bisa terjadi ya? Jawabannya simple aja sih, sebenarnya karena kita nggak terbiasa mendengarkan apalagi berbicara kalimat bahasa Inggris. Sejenis kurang familiar gitu deh. Eits, jangan putus asa dulu! Semua masalah pasti ada jalan keluarnya kok, disini kita mau kasih info gimana caranya memperbaiki kemapuan berbahasa Inggris. Yuk, intip!

1. Dengarkan lagu bahasa Inggris sesering mungkin
          Mendengarkan lagu bahasa Inggris merupakan teknik jitu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang bahkan kita tidak mengetahui artinya, kita bisa lebih familiar dengan kalimat-kalimat bahasa Inggris yang ada. Jadi, mulai sekarang, coba dengarkan lagu-lagu easy listening dalam bahasa Inggris dan mulailah hafalkan tanpa melihat liriknya. Walaupun sulit, namun cara itu akan meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris kita secara langsung
2. Belajar menangkap ide
          Kesalahan yang banyak dilakukan pada saat belajar bahasa Inggris khususnya pada tahap listening adalah mendengarkan kata demi kata demi mendapatkan arti secara keseluruhan. Padahal, cara tersebut hanya membuang-buang waktu saja. Cukup dengan memperhatikan kalimat-kalimat kunci atau kata kerja dan subjek dalam kalimat tersebut kita sudah bisa mengetahui apa maksud dari kalimat tersebut.
3. Tontonlah film berbahasa Inggris.
          Semua orang suka menonton film. Jadi, mengapa tidak menggunakannya untuk latihan mendengar? Caranya mudah! Lihat satu babak dari film favorit Anda. Pertama, tonton dengan menggunakan teks bahasa Indonesia agar memahaminya. Kemudian tonton lagi, tetapi gunakan teks bahasa Inggris. Saat ini, kita seharusnya sudah mengerti dialog dan alur ceritanya. Sekarang, tonton sekali lagi tanpa teks, dan hanya fokus pada mendengarkan.
4. Sering berlatih menggunakan bahasa Inggris
          Untuk menguasai bahasa Inggris secara maksimal dibutuhkan banyak latihan. Untuk itu jangan ragu untuk mengajak orang-orang disekitar kita seperti teman-teman atau keluarga berbicara bahasa Inggris. Jika seandainya kita salah dalam berbicara, jangan takut! Karena itu akan membunuh kemauan kita sendiri. Semua itu belajar dari kesalahan, untuk itu hendaknya kita memperbaiki kesalahan tersebut agar lebih baik kedepannya.
5. Pahami keterbatasan diri

          Belajar berbicara, menulis, dan mendengarkan kalimat berbahasa Inggris sebanyak mungkin, tapi dalam periode waktu yang singkat tidak akan dapat memperbaiki secara langsung kemampuan kita. Otak kita bukanlah mesin! Jika mulai merasa frustrasi dan tidak mengerti, istirahatlah dan mulai lagi nanti. Ingat, mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dibutuhkan banyak waktu latihan dan kesabaran.
        
          Nah, udah pada tau kan gimana caranya memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris? Jadi kesimpulannya, nggak sulit bagi kita untuk belajar mengembangkannya. Hanya butuh banyak waktu, latihan, dan kesabaran. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar